Wednesday, February 13, 2008

Chocolate Cotton Cake
















Di Jakarta lagi heboh Cotton Cake yang lembut, rasanya seperti chiffon tapi lebih lembut dan nggak kering. Di NCC juga ada kursusnya, tapi nggak sempet banget deh kursus. Kerjaan kantor makin banyak, urusan anak-anak yang banyak dan kurang diperhatikan (aduh..Ibu tidak baik nih aku). Beli majalah Sedap yang ada Cotton Cake, dan karena anak-anak suka coklat (siapa yang nggak suka?), jadi aku coba kue ini.

Ternyata agak repot juga, dan banyak pakai telur. Buatnya lumayan lama, hampir 1,5 jam mulai dari mempersiapkan bahan sampai mateng. Tapi hasil akhirnya mengalahkan semua rasa capek, benar-benar lembut membelai lidah (apa coba...??). Cuma sayang karena banyak telur, jangan banyak-banyak makannya, kolesterol. Dan satu resep ini jadi banyak banget, padahal pakai loyang 24x24cm, tapi hasilnya penuh dan masih sisa, aku buat di cup. Dan yang penting anak-anak suka, tetangga juga kebagian, bukan cuma baunya tapi kuenya juga. Alhamdulillah, nikmatnya berbagi...











Chocolate Cotton Cake
Resep : Majalah Sedap edisi Januari 2008

Bahan:
150 gram mentega tawar (aku pakai anchor)
120 gram tepung terigu protein rendah
50 gram coklat bubuk
150 ml susu cair
2 butir telur, kocok lepas
200 gram kuning telur, kocok lepas
1 1/2 sdt coklat pasta (aku nggak pakai)
400 gram putih telur
1/2 sdt garam
1 sdt cream of tartar (aku nggak pakai)
300 gram gula pasir


Cara membuat:

  1. Panaskan mentega tawar sampai meleleh, matikan api. Tambahkan tepung terigu dan cokelat bubuk. Aduk sampai kalis. Angkat, sisihkan.
  2. Panaskan susu cair asal hangat. Tuang sedikit-sedikit ke campuran telur. Kocok rata (pakai whisker). Tambahkan coklat pasta, aduk rata.
  3. Tuang ke campuran tepung terigu sedikit-sedikit sambil diaduk perlahan. Sisihkan.
  4. Kocok putih telur dan garam sampai setengah mengembang. Tambahkan gula pasir sedikit-sedikit sambil dikocok sampai mengembang.
  5. Masukkan campuran tepung terigu sedikit-sedikit ke dalam kocokan putih telur sambil diaduk perlahan.
  6. Tuang ke dua buah loyang ukuran 22/22/4cm yang dialas kertas roti tanpa dioles margarin.
  7. Letakkan di loyang yang diberi sedikit air (au bain marie). Oven 55 menit dengan suhu 160 derajat Celsius. Angkat dan dinginkan.
  8. Ambil selembar cake, beri filling ganache, tumpuk dengan cake yang lain. Dinginkan dalam lemari es.
Silahkan untuk yang mau coba buat sendiri...

No comments: